Mengenal Virus Lebih Dekat

Bagi pengguna sistem operasi (operating system/OS) Microsoft Windows, virus adalah hal menakutkan. Penyebaran virus bisa lewat mana saja: bisa melalui koneksi internet atau dari transaksi file lewat USB Flashdisk. Jika sudah terinfeksi virus, kepala jadi pusing, pekerjaan dengan komputer terhambat, dan semua berantakan. Uh, cabe deeeeeh!

Tentu saja ada banyak cara untuk menghindari virus, salah satunya dengan menginstal perangkat lunak (software)  antivirus, seperti Norton, Kaspersky, Avira, McAffe, AVG, SMadav, Nod32, Ansav, PCMAV dan lain sebagainya.

Kadangkala, mungkin Anda salah satunya, ada pengguna yang mengeluhkan komputernya yang tetap terinfeksi virus meski telah menggunakan antivirus. “Pak, komputer saya kena virus. Padahal, saya sudah pakai antivirus,” kata salah seorang pelanggan di Toko Komputer A. Pertanyaannya: apakah antivirus yang Anda gunakan selalu diupdate secara teratur? Nah, inilah prinsip yang paling dasar: JANGAN MERASA KEBAL DARI VIRUS HANYA KARENA KOMPUTER ANDA TELAH TERINSTAL ANTIVIRUS. PASTIKAN ANDA MENGUPDATE ANTIVIRUS TERSEBUT SECARA TERATUR.

Setiap vendor antivirus, seperti AVG, selalu menyediakan update yang bisa diunduh (di-download) gratis di situs resminya. Adapun untuk mengetahui situs resmi dari masing-masing vendor antivirus, silahkan tanyakan kepada Om Google. Okle?🙂

Nah, penanganan virus tidak berhenti sampai pada persoalan update semata. Terlepas dari variannya yang beragam, seperti Trojan, Sallity, dan VB, virus dapat diklasifikasikan ke dalam 2 kategori berdasarkan tempat pembuatnya, yaitu (1) virus nasional; dan (2) virus internasional.

Dalam sejumlah kasus, tidak jarang suatu virus justru tidak terdeteksi oleh antivirus internasional, seperti Norton, dan AVG. Virus Nadia Saphira, misalnya, sampai tulisan ini dibuat, hanya bisa terdekteksi dan dibersihkan oleh antivirus PCMAV yang notabenenya merupakan antivirus gratis buatan anak negeri alias asli made in Indonesia.

Nah, saran saya, agar komputer Anda aman dari virus, perhatikanlah sejumlah hal berikut:

1. Instal antivirus internasional, seperti AVG di komputer Anda dan pastikan ter-update secara teratur (minimal, seminggu sekali).

2. Gunakan juga antivirus buatan anak negeri untuk menangani virus-virus buatan orang Indonesia, seperti PCMAV (PCMAV dapat digunakan tanpa diinstal).

3. Pastikan Anda rajin men-scan terlebih dahulu setiap USB Flashdisk yang terhubung dengan komputer Anda.

4. Jika cara-cara di atas ternyata belum ampuh; komputer Anda masih terkena virus, silahkan segera bawa komputer Anda ke tukang servis komputer terdekat dari tempat tinggal Anda😀

5. Jika Anda sayang mengeluarkan uang untuk membayar tukang servis komputer, silahkan Anda belajar sendiri dengan bertanya kepada Om Google mengenai cara menghilangkan virus komputer. Bila Anda tekun, pasti Anda bisa menangani virus dengan bantuan Om Google, karena, di Google, semua pertanyaan Anda Insya Allah terjawab.

Selamat belajar dan belajar; belajar tiada henti🙂

About labkomunisa

Labkom Unisa adalah Laboratorium Komputer Universitas Alkhairaat Palu.
This entry was posted in Belajar Bersama, Donwload. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s