Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H

Seingring berlalunya Ramadhan, dengan segenap kerendahan hati merujuk khilaf yang tak mungkin terhindarkan…

LAB KOM UNIVERSITAS ALKHAIRAAT PALU MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H.

Minal ‘aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin ^_^

Posted in Hot News | Leave a comment

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Meski terlambat, segenap kru Labkom Universitas Alkhairaat mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA  RAMADHAN

BAGI UMAT MUSLIM DI SELURUH DUNIA

Semoga amal dan ibadah kita selama bulan yang suci ini diberkahi dan dilimpahkan pahala oleh-Nya. Amin.

Posted in Hot News | Leave a comment

Bedah Peramban (Browser): Google Chrome

Pada tulisan sebelumnya, kita telah menyinggung tentang peramban (browser). Nah, kali ini, kita masih akan menyinggung perihal peramban, namun dikhususkan pada Google Chrome, peramban terbaru besutan Google.

Kemunculan Google Chrome memang terbilang baru jika dibandingkan dengan peramban lainnya, seperti Internet Exploler, Firefox, Opera, Safari, dan Flock. Meski begitu, Google Chrome telah menyita perhatian pencinta internet di dunia. Melalui Chrome, Google seakan mempertegas merk dagang mereka, yaitu efisiensi dalam kesederhanaan dan kecepatan.

Continue reading

Posted in Belajar Bersama | Leave a comment

Mengenal Driver Lebih Dekat

Jika sebelumnya kita telah menyinggung hardware komputer, maka di sini kita akan kembali ke perangkat lunak yang berfungsi memaksimalkan peran dan fungsi hardware, yaitu driver.CD Driver Notebook Dell

Pada umumnya, katika kita membeli komputer, baik PC desktop maupun notebook, kita akan diberikan CD Driver. Khusus PC desktop, CD Driver biasanya sudah termasuk ketika kita memberi motherboard, karena, seperti yang juga telah disinggung sebelumnya, sejumlah hardware, seperti VGA, Soundcard, dan NIC sudah terintegrasi dengan motherboard. Nah, CD Driver tersebut berfungsi untuk memaksimalkan hardware-hardware tersebut. Continue reading

Posted in Belajar Bersama | Tagged , | Leave a comment

Mengenal Hardware Lebih Dekat

Komputer, baik kategori personal computer (PC) atau notebook pada dasarnya terdiri dari dua elemen penting, yaitu piranti keras (hardware) dan piranti lunak (software). Dua hal ini merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa hardware, software terbaru dan terbaik pun tak akan ada gunanya. Dan, jika sebelum tulisan ini kita telah mengetengahkan ulasan mengenai software, maka di sini kita akan mengetengahkan sisi lain dari komputer, yaitu hardware komputer.
Continue reading

Posted in Belajar Bersama | Tagged , , , , | 4 Comments

Mengenal Web Browser Lebih Dekat

Web Browser atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan “peramban” adalah software yang lazim digunakan untuk masuk dan menjelajah di dunia internet. Yang paling umum digunakan saat ini adalah Internet Exploler dan Mozilla Firefox. Meski demikian, selain kedua peramban ini, masih ada beberapa peramban lainnya yang tidak kalah menarik untuk kita coba, seperti Opera, Avant Browser, Safari, dan Google Chrome.

Continue reading

Posted in Belajar Bersama, Donwload | Leave a comment

Wisuda Universitas Alkhairaat Desember 2009

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Universitas Alkhairaat, bahwa Wisuda dan Yudisium Mahasiswa Universitas Alkhairaat tahun 2009 akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Desember 2009 bertempat di lingkungan Kampus Universitas Alkhairaat. Rencananya, acara Wisuda kali ini juga akan dihadiri oleh Bapak Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr. H. Salim Aljufri.

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi tahap akhir dan ingin mengikuti wisuda, diharapkan segera mendaftarkan diri ke Panitia Wisuda di Kantor LP3M Kampus Pusat Universitas Alkhairaat. Pendaftaran ditutup tanggal 26 Desember 2009.

Posted in Belajar Bersama, Hot News | Leave a comment

Mengenal Software Lebih Dekat

Software atau piranti lunak pada dasarnya terbagi ke dalam dua kategori, yaitu (1) piranti lunak berbayar (propiatery); dan (2) piranti lunak bebas atau gratis (free software).

Pada umumnya, piranti lunak yang terintegrasi pada Microsoft Windows, baik Windows Xp, Vista, dan Windows 7 merupakan piranti lunak berbayar. Microsoft Office Office versi Home dan Student, misalnya, dijual seharga Rp. 585.000 untuk satu orang pengguna (user). Ini masih sebatas Office 2007, belum yang lainnya, seperti Corel Draw X4, Photoshop, ACDSee, Adobe Macromedia Flash, dan sejenisnya. Continue reading

Posted in Belajar Bersama | Leave a comment

Mengenal Virus Lebih Dekat

Bagi pengguna sistem operasi (operating system/OS) Microsoft Windows, virus adalah hal menakutkan. Penyebaran virus bisa lewat mana saja: bisa melalui koneksi internet atau dari transaksi file lewat USB Flashdisk. Jika sudah terinfeksi virus, kepala jadi pusing, pekerjaan dengan komputer terhambat, dan semua berantakan. Uh, cabe deeeeeh!

Tentu saja ada banyak cara untuk menghindari virus, salah satunya dengan menginstal perangkat lunak (software)  antivirus, seperti Norton, Kaspersky, Avira, McAffe, AVG, SMadav, Nod32, Ansav, PCMAV dan lain sebagainya.

Continue reading

Posted in Belajar Bersama, Donwload | Leave a comment

Halo Semua

Terus belajar dan berbagi kepada siapa saja itu penting. Blog ini dibuat dalam dalam kerangka itu: terus belajar dan berbagi, terutama dalam hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan segala problematikanya.

Buat teman-teman yang mempunyai tulisan mengenai tips dan trik komputer dan ingin berbagi di sini, silahkan kirimkan tulisan Anda via email ke labkom.unisa@gmail.com.

Oke deh. Dari pada berpanjang-panjang lagi, just enjoy this blog 🙂

Salam

Leave a comment